ASI atau air susu ibu adalah makanan utama bayi yang baru lahir. Input ASI sangat penting sekali bagi bayi karena memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, ASI juga sangat penting untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Jadi, bunda harus memperhatikan asupan ASI agar si kecil tumbuh kuat dan sehat.

Di sini kami akan menjelaskan secara lengkap dan detail terkait asupan ASI untuk anak-anak. Jadi simak artikel ini hingga selesai.

Jangka Waktu Pemberian ASI Paling Ideal

Bunda harus tahu, bahwa pemberian ASI ternyata ada batas minimum yang harus diketahui. Sebaiknya berikan ASI hingga usia si kecil 2 tahun. ASI eksklusif sangat penting. Selain untuk kesehatannya, juga bagus untuk tumbuh kembangnya.

input ASI
input ASI

Pastikan bunda mengetahui kiat-kiat bagaimana cara sukses menyusui ASI hingga si kecil berumur 2 tahun. Dengan begitu, pemberian ASI menjadi lebih optimal. Berikut tipsnya:

1.  Menyiapkan Stok

Jika bunda tidak bisa selalu setiap hari ada karena masalah kesibukan kerja, buatlah stok ASI. Dengan begitu pemberian ASI eksklusif bisa terus berjalan, terutama setelah bunda melewati fase pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan.

2.  Cegah Stres

Stres pada ibu menyusui ternyata berdampak pada produksi ASI. Maka dari itu, cegah stres agar produksi ASI tetap berjalan sehingga kebutuhan ASI si kecil bisa terus terpenuhi secara optimal.

3.  Menjaga Asupan Gizi

Makanan dan minuman yang bunda konsumsi juga memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Pastikan bunda mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, terutama yang dapat memengaruhi produksi ASI.

4.  Memompa ASI Secara Rutin

Setelah program ASI tuntas, pastikan kebutuhan ASI anak tetap terpenuhi. Salah satunya adalah dengan rutin memompa ASI untuk memenuhi kebutuhannya. Memompa ASI bisa menggunakan tangan maupun dengan menggunakan pompa manual maupun elektrik. Silahkan bunda pilih metode pemompaan sesuai kenyamanan.

Kandungan Pada ASI dan Manfaatnya

ASI memiliki kandungan yang ajaib. Terutama ASI eksklusif yang diberikan hingga usia si kecil berusia 6 bulan. Berikut kami jelaskan apa saja kandungan-kandungannya lengkap dengan manfaat yang dimilikinya.

1.      Kolostrum

Jika bunda perhatikan, pada ASI biasanya ada yang berwarna orange. Biasanya warna ini ada pada ASI eksklusif, terutama ASI pada saat baru melahirkan. Nah, warna tersebut adalah warna kolostrum pada susu.

Kolostrum kaya akan nutrisi penting yang meliputi protein, vitamin A, garam, sel darah putih, antibodi, dan nitrogen.

2.      Protein

Perlu diketahui, kandungan pada ASI biasanya berubah-ubah. Kandungannya disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Inilah yang menjadi salah satu keajaiban susu yang begitu luar biasa. Protein juga menjadi salah satunya. Karena protein ini berbeda dari protein pada kolostrum.

Protein umum yang ada pada ASI yaitu merupakan jenis protein whey 60% dan sisanya kasein sebanyak 40%. Keduanya diseimbangkan agar tubuh mudah diserap tubuh.

3.      Karbohidrat

ASI memiliki jenis karbohidrat yang disebut sebagai laktosa. Kandungan ini bagus untuk mengurangi kadar bakteri buruk di dalam perut bayi. Selain itu, kandungan karbohidrat pada ASI juga dapat membantu penyerapan fosfor, kalsium, dan juga magnesium dalam tubuh.

Kesimpulan

Melihat dari banyaknya keunggulan ASI seperti yang dijelaskan di atas, maka bunda wajib memenuhi kebutuhan ASI si kecil setiap hari. Terutama ASI eksklusif hingga usia bayi 6 bulan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Itulah informasi seputar input ASI yang wajib diketahui oleh setiap orangtua. Melalui informasi di atas,sedikit banyaknya kini bunda bisa lebih aware terhadap manfaat-manfaat dari air susu ibu.