Beberapa orang yang sudah memiliki pekerjaan biasanya tidak memikirkan untuk kembali kuliah. Namun tidak sedikit juga yang ingin mengambil kuliah kembali untuk meningkatkan kompetensi. Sebenarnya kerja sambil kuliah memiliki banyak keuntungan apabila dilakukan. Namun memang tidak mudah karena Anda harus membagi waktu dan pikiran antara pekerjaan serta perkuliahan.

Meskipun tidak mudah, bukan berarti tidak bisa Anda lakukan. Jika memiliki niat kuliah lagi, Anda tidak boleh ragu. Pasalnya banyak alasan yang akan menguntungkan Anda apabila kerja sembari kuliah. Adapun alasannya yaitu:

Bisa Selangkah Lebih Maju dari Orang Lain

Tidak semua mahasiswa memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Bahkan sebagian besar mahasiswa langsung mendaftar kuliah setelah lulus sekolah menengah atas. Anda memiliki keunggulan di sini karena sudah bekerja meskipun hanya lulusan sekolah menengah atas.

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Jadi nanti setelah lulus kuliah, Anda akan menjadi fresh graduate namun yang sudah memiliki pengalaman. Hal ini membuka peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Jika ingin bekerja di perusahaan yang sama, Anda mungkin bisa dinaikkan jabatannya dengan gelar baru tersebut.

Bisa Meningkatkan Kualitas Diri

Meskipun sudah memiliki pekerjaan, bukan berarti Anda harus berleha-leha saja. Persaingan dalam dunia kerja juga akan Anda hadapi. Biasanya persaingan hadir untuk menentukan kenaikan jabatan atau bahkan menentukan kompetensi mereka yang lolos dari PHK.

Dengan adanya gelar baru yaitu gelar sarjana, maka Anda memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk lolos PHK ataupun naik jabatan. Apalagi jika ilmu yang Anda miliki bisa diaplikasikan secara langsung di dalam pekerjaan maka perusahaan pasti akan mempertahankan Anda.

Lebih Pintar dalam Membagi Waktu

Kerja sambil kuliah membuat Anda harus pintar-pintar manajemen waktu atau membagi waktu. Anda harus membagi waktu antara pekerjaan dan perkuliahan sama besarnya. Jangan sampai salah satunya gagal karena kurang pintar dalam membagi waktu. Ketika sedang berada di kantor, Anda harus fokus dengan pekerjaan kantor, begitu pula sebaliknya.

Menjadi Pribadi yang Lebih Kuat

Tidak hanya waktu saja, Anda yang bekerja dan kuliah sekaligus juga harus memiliki mental atau kepribadian yang kuat. Pasalnya tidak mudah melakukan dua tanggung jawab sekaligus. Anda harus rela mengurangi waktu untuk bermain atau hangout bersama teman. Jika di akhir pekan teman-teman Anda jalan-jalan, maka lain halnya dengan Anda yang harus menjalani perkuliahan atau mengerjakan tugas kuliah.

Mendapatkan Banyak Relasi

Alasan terakhir mengapa Anda boleh bekerja sambil kuliah yaitu untuk mendapatkan banyak relasi. Dalam lingkungan kampus, Anda akan menemukan teman-teman baru dengan minat yang sama. Melalui mereka Anda bisa mendapatkan informasi-informasi penting seputar pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan saat ini. Jika beruntung, Anda bahkan bisa membangun bisnis sendiri dan bekerja sama dengan teman-teman kuliah.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh menunda keinginan untuk kerja sambil kuliah. Agar ilmu yang didapatkan bisa lebih maksimal, Anda harus memilih perguruan tinggi yang tepat. STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan ilmu dalam bidang komputer seperti Mobile Apps and Games Development, Software Engineering, dan Cyber Security.

Beberapa keunggulan IDS Digital College yaitu memiliki pengajar yang kompeten, kurikulum berbasis internasional, menerapkan real world assignment, dan masih banyak yang lainnya. Kampus ini menjamin lulusannya untuk siap kerja di dunia IT secara global. Informasi pendaftaran IDS Digital College bisa Anda lihat sendiri pada website resminya yaitu ids.ac.id.