Pada usia 9 bulan, biasanya anak sudah bisa memegang makanannya sendiri tanpa perlu dibantu oleh orangtua. Anda bisa memberikan finger food agar anak semakin bisa melatih motorik halusnya ini. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan kemampuan anak dalam menggigit dan mengunyah makanan

Finger food merupakan istilah saat seorang anak sudah mampu untuk memegang, memakan dan mengunyah sendiri makanannya. Bentuknya bisa berupa makanan kecil yang sudah dipotong-potong dan teksturnya harus menyesuaikan dengan kemampuan anak dalam mengunyah.

Ragam Finger Food yang Bisa Diberikan Kepada Anak

Untuk Anda yang sedang berusaha untuk mencari finger food yang tepat untuk si kecil, ada beberapa rekomendasi makanan yang cocok untuk mereka berikut ini. Tentu saja makanan ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan mereka selama masa pertumbuhan dan perkembangan.

Buah

finger food
finger food

Seperti yang kita ketahui, buah kaya akan vitamin, mineral, zat besi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Sebaiknya pilih buah yang mudah dikunyah dan memiliki tekstur lembut.

Anda bisa memberikan pisang, mangga, semangka, pir atau nenas kepada mereka. 

Potong kecil-kecil terlebih dahulu, agar tangannya mudah menggenggam makanan tersebut.

Sayuran

Ada banyak nutrisi baik yang bisa Anda temukan dalam sayur. Namun, sebaiknya dikukus terlebih dahulu sayuran tersebut sebelum menyajikannya kepada anak. 

Anda bisa memberikan kentang, wortel, brokoli atau ubi manis.

Pasta

Di Indonesia, memberikan pasta kepada anak usia 9 bulan mungkin sangat kita temui. Padahal, ini bisa menjadi menu finger food buat anak, lho. Namun, pastikan bahwa Anda harus merebus pasta ini terlebih dahulu hingga matang sebelum diberikan kepada anak.

Adapun pasta yang tepat untuk diberikan kepada anak adalah jenis fusilli. Karena bisa dipotong kecil-kecil.

Telur

Ada banyak kandungan baik yang bisa ditemukan dalam sebutir telur. Seperti protein, kolin, vitamin B2, B12 dan folat. Kandungan-kandungan ini memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak.

Anda juga harus merebus telur terlebih dahulu hingga matang. Tidak diperbolehkan memberikan telur setengah matang kepada anak. Ditakutkan, dalam telur setengah matang terdapat bakteri Salmonella yang bisa membuat bayi keracunan.

Demikian beberapa makanan finger food yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda. 

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.