Susu merupakan salah satu kebutuhan penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Ketika memilih susu formula anak 1 tahun, tentu Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebaik mungkin. Mulai dari memperhatikan kandungan susu, dan rasa yang paling tepat untuk si kecil.

Selain berhati-hati dan teliti dalam membeli susu, Anda juga harus memperhatikan cara penyajian dan pemberian yang tepat. Dengan penyajian yang efektif, maka kandungan di dalam susu bisa terserap dengan lebih baik.

Bagaimana Cara Penyajian Susu yang Tepat Bagi Anak?

Bukan hanya menjaga kebersihan makanan dan lingkungan, tetapi Anda juga harus mengetahui cara penyajian susu yang tepat. Supaya susu tetap higienis dan dapat berfungsi dengan baik, maka Anda bisa menyajikannya dengan beberapa cara berikut ini:

susu formula anak 1 tahun

1. Mencuci tangan

Jangan pernah mengabaikan cuci tangan. Sebelum membuat susu untuk anak, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sampai bersih menggunakan sabun. 

2. Membersihkan Botol atau Gelas

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah membersihkan gelas dan botol susu. Botol atau gelas bisa saja menyimpan bakteri, sebaiknya Anda membersihkan wadah, sendok, dan lain-lain sebaik mungkin. Perhatikan juga kebersihan dari sikat untuk membersihkan botol.

3. Rebus Air

Membuat susu yang baik juga harus menggunakan air matang. Rebus air terlebih dahulu ketika Anda hendak menyeduh susu. Gunakanlah air yang memiliki suhu tidak kurang dari 70 derajat celcius. Gunakanlah jumlah yang sesuai dengan takaran. Lebih baik juga tidak mencampurnya dengan air dingin.

Ada juga tips tambahan yang bisa Anda terapkan ketika memberikan susu kepada anak. Apabila susu tidak bisa dikonsumsi secara langsung setelah dibuat, lebih baik menyimpannya di dalam kulkas dalam suhu yang kurang dari 5 derajat celcius. Pastikan juga untuk memberi susu dalam kurun waktu yang tidak sampai 24 jam.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menyimpan susu formula anak 1 tahun di dalam tempat yang tidak lembap serta yang tertutup.