Selain istirahat cukup dan mengelola stress dengan baik, Anda juga harus memperhatikan makanan untuk dikonsumsi saat sedang menyusui. Supaya produksi ASI menjadi berkualitas dan lancar, Anda bisa rajin minum air putih dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Input ASI memang harus dilakukan dengan setulus hati, sehingga hubungan Anda dan bayi bisa menjadi lebih erat. 

Air susu yang berkualitas dari ibu juga akan banyak membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Maka dari itu, Anda harus memperhatikannya dengan baik. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan makanan yang bisa membuat ASI menjadi lebih lancar dan berkualitas. Kira-kira makanan apa saja ya?

Sederet Makanan untuk Melancarkan ASI

Makanan yang bisa memperbanyak ASI adalah laktogenik. Makanan laktogenik mengandung galaktagog yang mampu meningkatkan produksi ASI. Berikut ini adalah sederet makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memperbanyak produksi ASI:

input ASI
input ASI

1. Sup Ayam/Ikan/Daging

ASI Anda bisa bertambah atau meningkat ketika rajin mengonsumsi sup. Kuah sup mampu membantu Anda untuk meningkatkan cairan tubuh, begitu juga dengan ikan, daging, dan ayam yang bagus untuk menambah protein tubuh. 

Biasanya sup juga akan menggunakan banyak sayuran, sehingga Anda bisa mendapatkan protein, mineral, dan vitamin yang baik.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung galaktagog yang tinggi. Sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI misalnya bayam, brokoli, daun katuk, daun jinten, dan daun bangun-bangun. Ibu yang sedang menyusui bayinya dianjurkan untuk makan 1 sampai 2 porsi sayuran hijau setiap hari.

3. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya bagus bagi kesehatan saja, tetapi juga untuk memperbanyak produksi ASI. Oatmeal mampu memberikan sensasi rileks dan memicu peningkatan hormon oksitosin. Hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas ASI.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bagus untuk meningkatkan produksi ASI. Jika Anda bisa makan kacang-kacangan dengan baik (tidak alergi), lebih baik rajin mengkonsumsinya saat sedang menyusui. Sebab kacang-kacangan mengandung mineral, protein, zat besi, dan vitamin yang bisa membantu peningkatan produksi ASI.

5. Bawang Putih

Bawang putih memang terbukti berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mengkonsumsi bawang putih bisa menyusui bayinya dalam durasi yang lebih lama.

Selain bisa membuat ASI lebih banyak, ternyata bawang putih juga bisa membuat ASI terasa lebih enak. Anda bisa rajin mengkonsumsi bawang putih dengan kadar yang wajar untuk membantu peningkatan ASI.

6. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, serta beberapa mineral seperti enzim papain, asam folat, serta kalium yang penting untuk pencernaan protein. Sebagai ibu menyusui, Anda akan membutuhkan banyak protein supaya produksi ASI bisa lebih lancar.

Buah pepaya yang enak bisa langsung Anda konsumsi saat sudah matang. Tetapi Anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk sayuran yang dimasak.

7. 7. Wortel

Wortel juga bisa Anda konsumsi untuk menambah produksi ASI. Wortel mengandung beta karoten, vitamin A, serta enzim Phytoestrogens yang bisa memperbanyak kuantitas ASI. Anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya sebagai jus wortel.

Selain mengonsumsi beberapa makanan di atas, Anda juga harus sering minum air putih. Sebab kandungan ASI yang paling banyak adalah air,

Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi secara baik, maka input ASI dapat berjalan dengan lancar. Mengingat ASI memiliki peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang si kecil.