Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang tertarik untuk masuk kuliah design? Lalu, jurusan apa yang hendak Anda pilih? Apakah desain grafis, animasi, atau desain komunikasi visual? Jika Anda tertarik dengan jurusan desain komunikasi visual, maka Anda wajib membaca artikel ini. 

Banyak yang menyamakan jurusan desain komunikasi visual dengan desain grafis atau desain lainnya. Bahkan ada juga yang kebingungan membedakannya dengan jurusan animasi. Anggapan tersebut tidaklah benar. Jurusan desain komunikasi visual tidak sama dengan jurusan desain grafis. Desain komunikasi visual memiliki banyak perbedaan. 

Desain komunikasi visual adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut dapat berupa memberikan informasi atau mempengaruhi pikiran orang lain. 

Desain komunikasi visual tidak hanya mempelajari desain. Cabang ilmu lainnya turut dipelajari seperti komunikasi, psikologi, dan seni rupa. Dapat dikatakan desain komunikasi visual hanya pencampuran beberapa ilmu dengan ilmu desain sebagai dasarnya. Menarik bukan. Walaupun kuliah design, tapi ilmu lainnya juga dipelajari. 

Kuliah Design

Lantas apa saja yang dipelajari dalam desain komunikasi visual?

Ilmu dasar yang dipelajari dalam desain komunikasi visual adalah ilmu-ilmu dasar desain. Contohnya adalah menggambar, tipografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Ilmu-ilmu tersebut akan Anda dapatkan di kuliah design. Kemudian, Anda akan mendapatkan beberapa ilmu selain ilmu desain. Contohnya adalah ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya. 

Dalam desain komunikasi visual, terdapat tiga bidang, yaitu komunikasi grafis, visual periklanan, komunikasi multimedia. Ketiga bidang ini akan menjadi pilihan ketika Anda menjalani kuliah design pada semester tua. 

Pada bidang komunikasi grafis, Anda akan mendapatkan mata kuliah khusus yakni desain grafis tingkat lanjut, grafis portofolio, perspektif desain grafis, dan lainnya. Pada bidang visual periklanan, mata kuliah khususnya yaitu komunikasi visual periklanan tingkat lanjut, tata kelola bisnis periklanan, visual branding dan lainnya. Sedangkan pada komunikasi multimedia, mata kuliah khususnya adalah komunikasi multimedia tingkat lanjut, videografi, media interaktif dan lainnya. 

Selain mata kuliah wajib tersebut, Anda juga akan mendapatkan mata kuliah pilihan. Tentunya Anda dapat memilih sesuai kebutuhan tugas akhir dan minat Anda. Mata kuliah pilihan tersebut diantaranya adalah psikologi persepsi, psikologi sosial, game desain, grafis eksperimental, dan lain sebagainya. 

Bagaimana dengan prospek karir jurusan desain komunikasi visual? Anda tidak perlu khawatir. Jurusan DKV sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Alasannya adalah saat ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif. 

Banyak pula perusahaan yang membutuhkan orang dengan keahlian desain komunikasi visual. Anda dapat bekerja di perusahaan periklanan, perusahaan game, stasiun televisi, percetakan, dan lainnya. Anda juga dapat membuka usaha atau menjadi freelancer desain. 

Apakah Anda semakin tertarik dengan jurusan desain komunikasi visual? Anda dapat memilih International Design School sebagai pilihan Anda. Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas karena semuanya lengkap. Mahasiswa akan dipinjami berbagai aplikasi untuk melaksanakan kegiatan kuliah. Mahasiswa akan disiapkan untuk bekerja di industri internasional. 

International Design School bekerja sama dengan universitas luar negeri yang tak menutup kemungkinan mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan ke universitas tersebut. Wah, kesempatan emas bukan? Ayo segera daftarkan diri Anda dan bergabung bersama International Design School.