Anda tentu sering mendengar bahwa sehat itu mahal. pernyataan tersebut memang benar adanya. Biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika sakit dapat mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah. Agar keuangan Anda tidak bermasalah dikemudian hari maka ada baiknya Anda mengikuti program pemerintah tersebut dengan mendaftar sebagai peserta BPJS. tagihan BPJS dibayarkan rutin setiap bulannya. Setelah terdaftar maka Anda harus memenuhi kewajiban bayar tagihan BPJS setiap bulannya.

Ketahui Manfaat Menggunakan BPJS

BPJS merupakan badan usaha yang didirikan oleh pemerintah guna memberikan jaminan kesehatan kepada semua masyarakat di Indonesia. Program ini wajib diikuti oleh semua masyarakat karena merupakan asuransi kesehatan yang sangat terjangkau. Anda dapat menyimak beberapa manfaat menjadi peserta BPJS yaitu sebagai berikut:

Bayar tagihan bpjs
Bayar tagihan bpjs

Tidak Melihat Riwayat Penyakit Sebelumnya

Manfaat kedua ini sangat memudahkan para calon peserta baru karena bisa langsung mendaftar tanpa perlu ada kendala riwayat penyakit sebelumnya. BPJS menggunakan sistem gotong royong sehingga anggota yang sakit dibantu oleh anggota yang sehat.

Hal ini tentu tidak ada di asuransi lain, dengan demikian para penderita penyakit berat seperti diabetes, penyakit gagal ginjal kronis, penyakit jantung, kanker dll dapat tetap berobat seumur hidup.

Iuran Yang Terjangkau

Program ini dibagi menjadi 3 golongan yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Iuran yang harus dibayarkan masing-masing kelas tentu berbeda yaitu Rp. 150.000 iuran kelas 1, Rp. 100.000 iuran kelas 2 dan Rp. 25.500 untuk kelas 3.

Hal ini tentu cukup memudahkan para peserta karena dapat memilih kelas yang sesuai dengan kemampuannya. Meskipun jumlah iuran yang dibayarkan berbeda namun peserta akan mendapatkan pelayanan yang sama dan sesuai dengan haknya.

Jaminan Seumur Hidup

Memberikan jaminan kesehatan rakyat merupakan sudah menjadi tugas pemerintah. Oleh sebab itu, program ini merupakan satu-satunya yang berani memberikan jaminan pengobatan seumur hidup pada pesertanya. Peserta dapat tetap berobat tanpa ada batasan usia selama membayar uang iuran secara teratur setiap bulan.

Menjamin Penyakit Yang Dikecualikan Asuransi

Iuran yang per bulan BPJS sangat terjangkau namun penyelenggara BPJS tetap menanggung penyakit yang dikecualikan. Beberapa jenis penyakit yang tidak ditanggung asuransi namun ditanggung oleh BPJS yaitu seperti penyakit jiwa, penyakit hormonal, penyakit hemodialysis, penyakit kanker, dan penyakit kongenital. Dengan demikian, semua penyakit ditanggung BPJS.

Cara Membayar Iuran BPJS

Selain mempunyai sederet manfaat yang menguntungkan para pesertanya, pembayaran BPJS pun dapat dilakukan dengan mudah. Bagi Anda para nasabah Bank Sinarmas Anda dapat bayar tagihan BPJS dengan menggunakan beberapa fasilitas seperti ATM, Simobiplus, internet banking dan teller.

Pembayaran iuran tersebut dapat Anda lakukan secara mandiri atau datang langsung ke bank Sinarmas terdekat. Pembayaran mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan ATM atau internet banking. Caranya cukup mudah yaitu masukkan kartu ATM Anda kemudian jumlah bulan yang akan dibayar tambahkan kode bayar (88888) kemudian nomor BPJS Anda. Contoh pembayaran 1 bulan: 01 + 88888 + 000209757801. Jika Anda ingin membayar lebih dari satu bulan maka masukkan sesuai jumlah bulan yang akan dibayarkan, seperti 03 + 88888 + 000209757801(untuk pembayaran 3 bulan).

Bagi Anda yang sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk mampir ke ATM maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas internet banking. Fasilitas ini dapat Anda gunakan kapanpun dan dimanapun. Namun, bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan pembayaran mandiri maka Anda dapat datang langsung ke bank dan teller akan membantu Anda. Setiap melakukan transaksi Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.500.

Demikian informasi mengenai BPJS dan cara membayarnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.