Perhiasan umumnya adalah aksesoris yang identik dengan kaum hawa. Namun siapa sangka, saat ini perhiasan rupanya tidak hanya menarik bagi kaum wanita, tetapi juga mulai banyak dilirik oleh pria. Bentuk perhiasan bisa bermacam-macam, mulai dari anting, kalung, cincin, gelang tangan, hingga gelang kaki. Namun dari sekian bentuk perhiasan, cincin adalah salah satu perhiasan yang lebih banyak diminati kaum pria. Makan tidak heran apabila saat ini mulai banyak toko perhiasan yang memiliki ring mens collection.

Bahan yang digunakan untuk membuat ring mens collection bermacam-macam logam mulia. Salah satunya adalah emas putih. Mengingat peluang perhiasan yang harganya cenderung mahal dan mengalami peningkatan. Maka bukan hal baru apabila tidak sedikit oknum bermain curang dengan menjual cincin emas putih imitasi atau palsu. Oleh sebab itu, maka kamu harus waspada dan lebih teliti saat membeli perhiasan emas putih.

ring Mens Collection
ring Mens Collection

Tips mencari tahu keaslian ring mens collection emas putih

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keaslian cincin pria berbahan emas putih.

1. Memakai kaca pembesar

Pada umumnya emas putih memiliki cap khusus yang bisa dilihat dengan menggunakan kaca pembesar. Emas putih asli biasanya memiliki cap khusus yang bertekstur halus. Jika cincin emas putih yang akan kamu pilih tidak memiliki cap khusus, maka bisa dipastikan bahwa cincin emas putih tersebut adalah palsu.

2. Digigit

Jangan dikira bahwa cara untuk mengetahui keaslian emas putih harus menggunakan cara yang rumit dan khusus. Kamu bisa menguji keaslian hanya dengan menggigit cincin emas putih yang akan kamu pilih.

Emas putih asli yang digigit, tidak akan meninggalkan bekas gigitan. Namun jika kamu menjumpai emas putih yang meninggalkan bekas pada permukaan setelah digigit, maka bisa dipastikan bahwa emas putih tersebut adalah palsu.

3. Memakai magnet

Cara sederhana lain yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui keaslian perhiasan emas putih kamu adalah dengan menggunakan magnet. Meski pada umumnya magnet memiliki sifat tarik menarik terhadap logam.

Namun jangan salah, tidak semua jenis logam bisa tertarik oleh magnet. Emas putih asli saat didekatkan dengan magnet tidak akan berpengaruh sama sekali, berbeda dengan logam lain seperti besi. Oleh sebab itu, jika cincin emas putih yang akan kamu beli tertarik saat didekatkan dengan magnet, maka kemungkinan besar perhiasan tersebut adalah palsu.

4. Menggores

Seperti halnya menggunakan gigitan, kamu juga bisa menggunakan cara sederhana lain yakni dengan menggoreskan pada benda padat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggoreskan emas putih kamu pada keramik. Kemudian amatilah bagian perhiasan emas putih yang digoreskan. Apabila terdapat bekas warna hitam, kemungkinan itu adalah emas putih palsu. Akan tetapi jika tidak meninggalkan bekas, maka emas putih tersebut asli.

5. Bersertifikat

Cara lain yang mudah dilakukan untuk mengenali keaslian logam adalah dengan melihat sertifikatnya. Umunya perhiasa asli akan disertai dengan sertifikat dari toko. Namun untuk mendapatkan jaminan keaslian sertifikat, kamu juga harus memastikan toko perhiasan yang akan kamu kunjungi telah resmi dan terpercaya.

Kamu bisa mencari tahu melalui website atau internet dan juga bisa melaui rekomendasi teman terkait toko-toko perhiasan yang creadible. Sehingga kamu bisa lebih aman saat hendak membeli perhiasan emas putih.