Fokus bekerja atau kuliah? Banyak orang yang bingung saat memutuskan untuk bekerja atau kuliah saja. Pasalnya, sebagian besar tidak bisa melakukan manajemen waktu yang baik sehingga salah satu pihak terabaikan. Anda yang menjalani kerja sambil kuliah harus tahu prioritas waktu yang baik. Kalau tidak melakukan pekerjaan dengan baik, maka risiko PHK ada di depan mata. Sedangkan Anda yang tidak fokus pada mata kuliah bisa saja lulus dengan nilai standar saja. Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

Anda yang sudah terlanjur memilih terjun ke dunia kerja, tetap bisa memiliki kesempatan untuk meraih pendidikan sebaik mungkin. Tidak ada kata tua untuk memulai sesuatu yang besar, bukan? Anda tetap bisa memilih untuk melanjutkan pendidikan tanpa mengabaikan tanggung jawab di kantor.

Kerja Sambil Kuliah
Kerja Sambil Kuliah

Agar dua hal yang Anda lakukan secara bersamaan bisa berjalan lancar, sebaiknya terapkan tips menjalankan kerja sambil kuliah berikut ini.

Memilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaan

Lebih dari 60 persen orang mengaku salah memilih jurusan yang tidak sesuai keinginan. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut, misalnya keinginan orangtua, peluang kerja yang terbatas untuk jurusan yang diminati, rencana karir menjadi PNS, dan lain-lain.

Jika Anda sudah melakoni pekerjaan tertentu, sebaiknya pilih jurusan yang selaras dan bisa mengembangkan karir lebih baik. Anda bisa mendapatkan gelar sarjana untuk menempati posisi yang lebih tinggi dari jabatan sekarang, bukan?

Memilih metode kuliah yang tepat

Penting sekali untuk memperhatikan metode kuliah yang diterapkan oleh kampus. Status Anda sebagai seorang pekerja menuntut untuk melakukan kuliah di sela waktu kantor. Anda harus memilih metode kuliah yang bisa disesuaikan dengan jadwal bekerja seperti program kelas karyawan. Kuliah kelas karyawan bisa dilakukan malam hari atau akhir pekan sehingga Anda tetap bisa fokus bekerja di kantor pada weekdays.

Memilih lokasi kampus yang dekat dengan kantor atau tempat tinggal

Buat Anda yang memutuskan untuk kuliah reguler malam hari yang menuntut tatap muka dengan pengajar, sebaiknya Anda memilih lokasi kampus yang dekat dengan kantor. Setidaknya Anda bisa menghemat estimasi waktu untuk menempuh perjalanan ke kampus. Anda juga bisa lebih hemat uang transportasi, bukan?

Memiliki manajemen waktu yang baik

Hal paling penting adalah Anda wajib memiliki manajemen waktu yang baik. Anda harus tahu prioritas untuk mengerjakan tugas-tugas kantor lebih dulu. Pastikan pekerjaan Anda di kantor selesai tepat waktu sebelum mulai mengerjakan tugas kuliah. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat kantor untuk mencicil tugas dari dosen. Sedikit demi sedikit, maka Anda tidak terlalu berat menyelesaikan tugas kuliah yang menumpuk.

Sebaiknya selalu buat peraturan disiplin yang cukup ketat. Anda harus mengelola waktu dengan baik agar tidak keteteran menjalani dua kegiatan bersamaan. Memang butuh perjuangan keras untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Namun, percayalah bahwa usaha Anda tidak akan sia-sia setelah berhasil lulus dengan nilai baik nanti.

Jangan lupa untuk menginformasikan pada perusahaan bahwa Anda mengambil program kuliah. Setidaknya tim di tempat kerja bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan kantor lebih efisien. Pastikan perusahaan memberikan izin atau mendukung karyawan untuk meraih pendidikan terbaik. Apabila perusahaan memiliki aturan, Anda memang harus memilih untuk terus bekerja di kantor yang sama atau mencari pekerjaan lain jika ingin tetap kuliah.

Kerja sambil kuliah yang bisa berjalan seimbang, siapa takut? Anda bisa mendapatkan jaminan masa depan lebih cerah dengan mengambil jurusan prospektif di IDS Digital College. Wujudkan keinginan Anda untuk meraih gelar sarjana di sela waktu bekerja padat sekarang juga!