Sebuah impian untuk memiliki rumah sendiri merupakan  hal yang diinginkan oleh hampir semua orang. Dalam mewujudkan hal tersebut, setiap orang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Memperhatikan dengan baik segala persiapan dan perencanaan dalam membangun rumah idaman anda sangatlah diperlukan. Salah satunya dengan mengetahui jenis bahan bangunan yang diperlukan dalam proses pembangunan. Pastikan bahwa bahan bangunan yang anda pilih memiliki kualitas yang baik supaya rumah bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, pemilihan bahan bangunan berkualitas akan membuat rumah terlihat bagus dan kokoh.

jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

source: https://www.sementigaroda.com/images-data/posts/2015/07/30/170/1.jpg

Ketika anda membangun rumah dari nol atau melakukan renovasi rumah, perencanaan anggaran serta bahan bangunan perlu dipersiapkan dengan baik. Dengan melakukan perencanaan anggaran serta perencanaan bahan bangunan yang akan digunakan, anda dapat menentukan kualitas bahan bangunan yang digunakan. Selain itu, anda juga bisa memperhitungkan dengan cermat anggaran yang diperlukan untuk membeli bahan bangunan tersebut. Apabila budget yang dimiliki ternyata belum mencukupi untuk melakukan pembangunan sekaligus, maka bisa dilakukan rencana untuk membangun secara bertahap. Untuk itu, penting sekali melakukan perencanaan anggaran sebelum anda melakukan proses pembangunan.

Dalam melakukan perencanaan anggaran jenis bahan bangunan, anda harus mengetahui jenis material bangunan serta harganya. Setiap jenis bahan bangunan memiliki harga yang berbeda sesuai dengan mereknya. Namun, secara umum berikut ini material bangunan berikut harganya yang dapat dijadikan referensi untuk membuat perencanaan anggaran.

  • Batu Bata

Batu bata memiliki ukuran yang besar dan sedang yang bisa disesuaikan dengan model rumah yang akan dibangun. Harga bata ringan per m2 adalah Rp. 650.000,- sedangkan untuk bata jumbo Rp. 1.500,- dan batu bata Rp. 500,-.

  • Batako

Batako memiliki bentuk yang hampir sama dengan batu bata, hanya saja bahan yang digunakan berbeda.  Harga batako per buahnya adalah Rp. 3.500,-.

  • Pasir 

Pasir digunakan sebagai campuran semen. Pasir memiliki harga Rp 276.000,- per meter kubik.

  • Semen

Semen merupakan jenis bahan bangunan untuk merekatkan batu-bata sehingga bisa menjadi dinding yang kokoh. Semen juga dapat digunakan sebagai perekat lantai keramik. Umumnya harga semen adalah Rp. 65.000,- per 50Kg. Pemilihan semen yang baik akan membantu anda dalam membangun rumah yang berkualitas dan kokoh.

Sebagai solusi bangunan yang kokoh terpercaya, semen tiga roda hadir dengan mastertech formula. Semen tiga roda menjadi kepercayaan para ahli bangunan dari generasi ke generasi dalam menciptakan bangunan yang kokoh terpercaya.