Belajar coding membantu anak mengenal teknologi masa kini secara sehat. Daripada anak hanya bermain game, melalui coding mereka dapat membuat game dan aplikasi sendiri. Pastinya dengan cara ini anak akan bersahabat dengan teknologi secara lebih bermanfaat dan lebih sehat. Mereka akan selangkah lebih maju dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak belajar coding. Anak sudah bisa dikenalkan dengan dasar bahasa pemrograman sejak usia delapan atau sembilan tahun.

Selain mengenal dan menggunakan teknologi masa kini secara bijaksana, belajar coding juga berdampak positif  bagj kecerdasan dan kemampuan anak. Karenanya, jika si kecil sudah cukup usia dan mulai tertarik pada game atau kegiatan berbasis teknologi lainnya, tak ada salahnya mengenalkan mereka pada bahasa pemrograman. 

Pemrograman berbasis visual dapat mengasah kreativitas dan pemecahan masalah secara sistematis. Anak akan lebih sabar dan tekun, serta melatih konsentrasi dan fokusnya. Anak akan terbiasa mencari cara dan jalan keluar ketika dihadapkan pada masalah. Karena ketekunan bukan hal yang dapat diajarkan, namun sangat penting untuk dilatih secara berkesinambungan.

Pemrograman komputer membantu menajamkan daya pikir. Otak anak akan terbiasa dengan pemecahan masalah, mencari jalan keluar, berpikir kritis dan sistematis. Anak akan lebih mudah belajar hal baru karena terbiasa tekun dan fokus.

Programmer adalah profesi yang menjanjikan. Menjadi programer merupakan profesi yang cukup menjanjikan di masa depan mereka.  Perusahaan raksasa dunia seperti Google dan Facebook selalu mencari programer kreatif dan cerdas. Jika tidak bekerja di perusahaan, mereka juga bisa membangun karir sendiri dengan menjadi programer lepas. Mengajar, atau profesi lainnya yang berhubungan dengan program komputer. 

Belajar pemrograman juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Saat anak berhasil membuat sebuah aplikasi atau program komputer, walau sangat sederhana, akan menambah rasa percaya dirinya. Selain itu anak akan lebih menghargai karya orang lain, karena dirinya sendiri pun bisa membuat sebuah karya yang orisinil.

Teknologi masa kini akan terus berkembang dan melaju cepat. Anak-anak yang bisa mengenal dan bersahabat dengan teknologi secara sehat akan bisa memanfaatkan perkembangan iptek untuk kebaikan. Bukan hanya menjadi konsumen buta.