Phospholipid – Mam, mungkin sering mendengar istilah DHA dan EPA sebagai nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak. Tapi apakah Mam pernah bertanya, seberapa pentingnya kah DHA dan EPA ini bagi anak, khususnya bagi pertumbuhan otak nya?

Dimana bisa mendapatkan DHA dan EPA?

Pada dasarnya, zat DHA dan EPA yang tergolong sebagai omega-3 bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi ketika Mam sedang dalam masa kehamilan, dan pada saat menyusui. Saat inilah Mam disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti salmon, tuna, makarel, biji-bijian, kacang, dan lain lain yang kaya akan omega-3.

Namun, pada saat bayi sudah lahir dan memasuki usia 0 hingga 3 tahun, maka kebutuhan akan asupan nutrisi DHA serta EPA pun akan semakin meningkat. Untuk itu dibutuhkan asupan lain seperti susu formula. 

Image result for phospholipid Wyeth

Tanggapan para ahli tentang DHA dan EPA 

Dr. Claudia Anggi Citra Putri selaku Medical Officer Kalbe juga mengatakan bahwa DHA sangat penting bagi si kecil. DHA pun sangat dipercaya memiliki peran yang cukup besar dalam membentuk serta mengembangkan sel-sel otak anak. Tak hanya sampai situ, DHA yang terkandung dalam phospholipid ini pun juga mampu meningkatkan kerja motorik anak, serta meningkatkan ketajaman dari penglihatannya. Yang terakhir, DHA dan EPA pun mampu menjaga metabolisme lemak anak kita Mam. 

Di lain sisi, EPA juga tak kalah memiliki peran yang cukup penting, dimana EPA sangat mempengaruhi tingkah laku serta mood dari sang buah hati Mam. dr. Anggi juga mengatakan bahwa jika asupan nutrisi DHA dan EPA digabungkan, maka sudah terbukti memiliki banyak manfaat yang baik terhadap perkembangan dan pertumbuhan bagi buah hati. 

Berapa jumlah DHA dan EPA yang dibutuhkan bagi anak?

Berdasarkan AKG tahun 2013 yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, disebutkan bahwa kebutuhan akan asupan nutrisi DHA serta EPA yang termasuk kedalam golongan omega -3 ini adalah berkisar antara 500 hingga 1200 mg. Untuk usia 0 hingga 11 bulan. Setiap harinya si kecil membutuhkan sedikitnya 500 mg asupan nutrisi omega -3. Sementara untuk usia 1 hingga 3 tahun adalah 700 mg, serta pada usia 4 hingga 9 tahun dibutuhkan sekitar 900 mg. 

Saat usia anak sudah lebih dari 10 tahun, maka asupan nutrisi yang harus didapatkan adalah sekitar 1000 hingga 1200 mg per harinya. 

Untuk itu, agar asupan nutrisi DHA dan EPA secara efektif bagi anak sesuai dengan yang disarankan,  Mam pun bisa mendapatkannya dari susu formula terbaik, salah satunya seperti S-26 Procal Gold dari Wyeth Nutrition yang turut mampu meningkatkan kecerdasan anak serta daya tahan tubuhnya.