Sedia payung sebelum hujan. Pepatah ini cukup berarti dalam segala hal termasuk memilih asuransi untuk kendaraan. Saat ini, yang namanya perlindungan bagi kendaraan tidak hanya roda empat saja akan tetapi mereka yang mengendarai motor pun sudah bisa merasakan manfaat lebih jika mengikuti asuransi.

Salah satu perusahaan yang memang cukup berpengalaman di bidang ini adalah Adira yang mengeluarkan produk bernama Adira Motopro. Beda dengan Adira Autocillin dimana mobil menjadi ‘objek’ perlindungan. Hanya saja, terdapat perbedaan dari segi pembayaran dimana biaya asuransi motor sangat ditentukan oleh faktor lokasi dan jenis kendaraan yang digunakan.

Biaya Asuransi Motor
                                                                           Biaya Asuransi Motor

Biaya yang dikenakan untuk melindungi kendaraan ini sangatlah bervariasi meski memilih jenis motor yang sama. Artinya, mereka yang tinggal di Jakarta akan membayar biaya asuransi motor sebesar 2.8 persen x harga kendaraan. Oh ya, satu hal lagi yang perlu diketahui adalah asuransi motor dari Adira ini tidak hanya berlaku pada kendaraan roda yang dalam keadaan baru.

Artinya, mereka yang memiliki motor lama juga bisa mengasuransikannya dengan adanya tambahan sebesar 5%. Keuntungan lainnya dengan bergabung di Adira Motopro ini adalah Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan yaitu paket Motopro Classic atau konvensional dan paket Motopro Ikhlas atau Syariah.

Lantas, apa saja yang didapat jika sudah membayar biaya asuransi motor selama setahun? Yang pertama, adanya jaminan akan TLO atau Total Loss Only dimana terjadi kehilangan kendaraan kemudian All Risk. Untuk pilihan yang kedua ini tidak hanya kehilangan saja yang diganti akan tetapi saat mengalami musibah pun akan ditanggung. Hanya saja, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan keduanya sehingga Anda harus memahami benar tentang jenis paket yang diambil.

Namun yang pasti, Adira Motopro menawarkan keduanya dengan perhitungan biaya yang cukup terjangkau. Bahkan, bagi mereka yang memilih produk Motopro Syariah aka nada pembagian hasil jika pelanggan tidak pernah melakukan klaim selama waktu asuransi berlangsung. Dimana besarannya nanti sangat tergantung dari dana surplus tabarru.