Menggunakan Kalender Kesuburan untuk Mencegah Kehamilan. Kalender kesuburan adalah cara mudah untuk melacak siklus menstruasi Anda dan tahu kapan harus menunggu menstruasi setiap bulan. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa tanda-tanda kesuburan, yang berguna jika Anda ingin mencapai atau mencegah kehamilan. Mengetahui panjang siklus Anda akan membantu Anda melakukan perhitungan yang diperlukan untuk menemukan jendela Anda yang paling subur. Tergantung pada tujuan keluarga berencana Anda, Anda dapat menghindari atau meningkatkan hubungan seksual selama jendela ini.

Anda dapat berovulasi di mana saja dari hari 11 hingga hari 21 dari siklus Anda. Jika Anda dapat menentukan hari yang biasanya Anda ovulasi, ini akan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan kalender kesuburan untuk mencapai atau mencegah kehamilan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika ingin menghindari kehamilan.

Lakukan hubungan intim setiap hari selama masa subur Anda untuk hamil

Image result for Kalender Kesuburan femometer

Setelah Anda tahu kapan masa subur Anda, pastikan Anda melakukan hubungan intim pada hari-hari ini untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Jika memungkinkan, lakukan hubungan intim setiap hari, tetapi bahkan melakukan hubungan intim setiap hari mungkin cukup untuk hamil karena sperma dapat bertahan hingga 5 hari di saluran vagina dan sel telur dapat bertahan selama 12 hingga 24 jam setelah dilepaskan. Tapi jika Anda ingin menghindari kehamilan lakukan hubungan intim diluar masa subur.

Bagaimana Menghindari Kehamilan dengan Kalender Kesuburan?

Pantau tanda-tanda kesuburan lainnya untuk menunjukkan dengan tepat jendela subur Anda.

Meskipun menggunakan kalender kesuburan bisa cukup untuk menunjukkan hari-hari subur Anda dan mencapai kehamilan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan tanda-tanda lain. Beberapa tanda tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menentukan kapan Anda berada di puncak kesuburan meliputi:

  • Suhu Tubuh Basal. Lonjakan suhu tubuh basal biasanya menunjukkan bahwa Anda akan mengalami ovulasi.Lendir serviks.
  • Lendir serviks mengambil konsistensi putih telur saat Anda paling subur.
  • Posisi serviks . Leher rahim Anda akan terasa rendah dan lunak saat Anda paling subur.

Gunakan kondom selama masa subur Anda untuk menghindari kehamilan.

Jika tujuan Anda adalah untuk menghindari kehamilan dan Anda tidak menggunakan alat kontrasepsi, maka Anda perlu mengambil tindakan pencegahan khusus selama masa subur Anda. Baik pantang berhubungan seks selama masa subur Anda atau gunakan kontrasepsi penghalang, seperti kondom atau diafragma.