Animasi memang kerap dijuluki jurusan yang sulit ditaklukkan. Tidak terkecuali bagi yang jago menggambar sekalipun, sebab animasi tidak sebatas hanya pelajaran menggambar. Namun dari kesulitan itulah, kepuasan yang didapatkan ketika berhasil membuat karya animasi tidak dapat dijelaskan. Tidak heran jika banyak yang mati-matian belajar animasi meski seringkali membuat pusing kepala.

Jika kamu salah satu orang yang tertarik untuk belajar animasi di IDS, ada baiknya jika kamu menyimak ulasan berikut mengenai tips mudah belajar animasi.

belajar animasi
belajar animasi

Pelajari Software Animasi

Dalam pembuatan animasi dibutuhkan skill dalam bermain software animasi. Jenisnya software yang digunakan dalam pembuatan animasi juga beragam. Ada yang 2D, 3D, atau stop motion yang baru-baru ini sedang populer. Untuk mempermudah belajar animasi, sebaiknya kamu mengetahui macam-macam software animasi.

Setelah cukup memahami, pilihlah satu jenis software yang nantinya bisa kamu pelajari lebih detail bersama tutor atau secara otodidak. Secara bertahap mempelajari macam-macam software animasi. Tapi jika kamu merasa tidak mampu, lebih baik kuasai satu software saja. Menguasai satu software secara mendetail lebih baik dibandingkan dengan tahu semua software tapi tidak mendetail.

Banyak Belajar Tentang Animasi

Belajar animasi tidak hanya sebatas membaca materi buku atau sebatas mengenal software dan teknik menggambar. Kamu bisa belajar animasi dari beberapa hal seperti video tutorial yang dengan mudah didapatkan dari internet, belajar otodidak dengan memulai membuat karya, atau dengan mengamati film animasi yang juga dapat menambah wawasanmu. Bergaullah dengan anak animasi lainnya, terutama dengan para senior dan menjalin relasi dengan profesional agar bisa saling sharing pengalaman dan menambah pengetahuan akan animasi.

Mengaplikasikan Ilmu

Setelah cukup dengan sedikit ilmu yang sudah dipelajari, ada baiknya kamu segera mempraktikannya dengan mencoba serius menciptakan karya animasi. Meskipun hasilnya belum maksimal, proses kecil tersebut akan menjadi pelajaran berharga serta pengalaman untuk belajar lebih baik ke depan nya. Kamu juga bisa mencoba mengikuti event perlombaan yang akan membantu memotivasi diri untuk terus meningkatkan skill. Jangan sampai proses belajar animasimu hanya sebatas materi yang nantinya akan terlupa begitu saja.