Karakteristik perkembangan setiap anak tentunya selalu berbeda, termasuk perkembangan kecerdasan emosional. Hal yang perlu orang tua lakukan untuk terus merangsang perkembangan anak sehingga tumbuh optimal adalah dengan cara memberikan stimulasi pada anak sejak dini. Tentu hal ini penting untuk tahapan masa depan anak selanjutnya.

Peran orang tua tentunya sangat penting untuk membantu menstimulasi perkembangan anak-anaknya. Karena untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan emosional tidaklah mudah dan instan, semua tentu ada tahapannya. Maka dari itu, sangat diperlukan stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak.

 kecerdasan emosional
kecerdasan emosional

Dan berikut ini adalah beberapa stimulasi untuk anak agar dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada anak, antara lain :

1. Menumbuhkan rasa ingin tahu anak, kreativitas, dan imajinasi

Naluri seorang anak memang pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka selalu ingin mencoba hal-hal baru, dan anak akan sangat kritis dengan hal-hal yang membuat mereka tertarik. Di sinilah peran orang tua akan sangat membantu.

Orang tua tentunya harus memberikan penjelasan kepada anak tentang apa yang ditanyakan anak dengan sangat detail dan mampu dipahami anak, agar mereka tidak menyerap informasi yang salah.

2. Melatih kemampuan pengendalian diri

Agar kecerdasan emosional anak berkembang, ada baiknya melatih anak kemampuan pengendalian diri. Misalnya, jika anak hendak menginginkan sesuatu maka tak semua keinginan anak dapat orang tua penuhi. Di sini peran orang tua sangat penting dengan memberikan pemahaman yang baik, agar anak mampu mengendalikan dirinya sendiri.

3. Beri kesempatan pada anak untuk melatih cara berpikirnya

Biarkan anak untuk bermain apa saja yang mereka inginkan. Dengan begitu anak bisa bereksplorasi dengan mainannya dan juga keadaan di sekitarnya. Terkadang ada beberapa hal yang sulit untuk anak lakukan, misal mengancing baju, meraih mainan pada rak yang agak tinggi, memakai sepatu, dll.

Jika orang tua dihadapkan dengan masalah seperti ini, jangan langsung membantu anak untuk menyelesaikannya. Berilah kesempatan untuk anak berpikir dan biarkan mereka mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi. Dari masalah tersebut, akan melatih anak untuk selalu berpikir untuk mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapinya.

4. Berilah dorongan dan dukungan, serta tumbuhkan rasa percaya diri anak

Ada kalanya di saat anak menghadapi situasi yang sulit, anak merasa stres dan membuatnya menangis. Tentu semua hal yang anak lakukan tidak akan selalu berjalan mulus. Saat seperti ini, sebaiknya orang tua memberi banyak dorongan dan dukungan agar anak tidak merasa tertekan.

Hal tersebut tentu akan membangkitkan kepercayaan diri anak, anak merasa senang karena selalu mendapat dukungan walaupun tak mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Dengan begitu, anak akan merasa termotivasi dan lebih siap jika kelak menemukan masalah yang akan dihadapinya kembali.

Begitu penting pemberian stimulasi pada anak sejak dini. Dengan seringnya orang tua menstimulasi dan melatihnya, maka secara perlahan perkembangan kecerdasan emosional anak akan semakin matang.

Hal ini sama pentingnya dengan mengkonsumsi Dancow setiap hari, karena anak akan tetap semangat dan selalu siap meskipun ada banyak rintangan yang harus dihadapinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here