Planning bisnis merupakan rancangan terstruktur untuk memulai bisnis sesuai dengan tujuan dan keinginan yang akan dicapai. Rancangan yang akan dibuat tentunya harus sangat mendetail, karena tujuannya agar bisnis Anda akan bertahan lama dan mengalami keberhasilan. Walaupun rancangan ini harus dikerjakan secara detail, tapi ada cara membuat planning bisnis dengan mudah.

Berikut cara membuat planning bisnis dengan tepat dan mudah:

  • ExecutiveSummary

Sebuah deskripsi singkat dan penjelasan tentang apa sebenarnya bisnis yang Anda jalani.

  • Company Description

Planning bisnis biasanya perlu menyertakan nama perusahaan, visi misi, siapa yang ada di belakang bisnis Anda, dan apa bentuk badan hukumnya.

  • Organization and Management

Menjelaskan tentang struktur kepengurusan bisnis dan berapa SDM yang diperlukan oleh bisnis Anda

  • CustomerSegment

Menjelaskan tentang sasaran pasar yang akan dituju. Dapat Anda kategorikan dengan spesifik, misal sesuai usia, jenis kelamin, hobi, dan sebagainya. Anda juga harus mengidentifikasi kebutuhan mereka dan menjelaskan secara sederhana kenapa mereka mau membeli produk yang Anda pasarkan.

  • Business Model

Menjelaskan bagaimana bisnis atau usaha yang Anda jalani bisa menghasilkan profit. Pada bagian ini dapat Anda jelaskan bagaimana bisnis Anda dapat menghasilkan uang dan juga mengeluarkan biaya.

  • Productor Service Description

Menjelaskan secara detail spesifikasi produk atau jasa yang akan dibuat untuk bisnis Anda. Jika berbentuk produk, Anda harus jelaskan bisa menggunakan prototype dan memperlihatkan cara kerjanya. Dan jika berbentuk jasa, Anda bisa buat berupa freetrial atau previewdari jasa yang Anda tawarkan.

  • Operational Description

Menjelaskan bagaimana bisnis atau usaha Anda akan berjalan sesuai dengan operasional. Dari mulai mengetahui siapa supplier-nya, bagaimana proses distributornya, dan bagaimana proses produksi yang akan berjalan pada bisnis atau usaha Anda.

  • Marketing and Sales Strategy

Menjelaskan bagaimana Anda menyusun strategi-strategi yang akan Anda buat untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan dalam bisnis Anda. Anda juga harus membuat strategi peningkatan penjualan untuk bisnis Anda.

  • Financial Information

Ini merupakan bagian penting yangharusdiperhatikan. Karena menjelaskan proyeksi keuangan Anda 1-5 tahun ke depan, berapa pengeluaran, dan berapa pemasukan. Dan menentukan apakah bisnis Anda saat ini menguntungkan atau tidak.

  • Funding Request

Menjelaskan berapa dana yang Anda minta kepada investor. Berikan statement terkait dengan bagi hasil, return yang akan Anda janjikan, dan kesepakatan-kesepakatan lainnya yang terlibat di dalamnya.

  • Risk Analysis

Ini biasanya sering kali tidak diminta, tetapi ada sebagian investor yang jeli untuk menanyakan tentang kekurangan dan resiko bisnis Anda.

Semoga poin cara membuat planning bisnis di atas dapat membantu Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here