Diare adalah salah satu jenis penyakit yang kerap mengganggu sistem pencernaan setiap orang khususnya pada balita yang masih berusia 1 tahun. Penyakit ini timbul karena adanya suatu bakteri jahat di dalam tubuh.

Meski penyakit ini bukan jenis penyakit yang tergolong berbahaya, akan tetapi tetap pastikan Anda tidak meremehkan sakit yang satu ini pada anak – anak. Jika tidak segera diobati dan diatasi, penyakit diare ini ternyata mampu memicu dehidrasi pada tubuh.

diare pada anak usia 1 tahun.

Bahkan hal tersebut dapat membuat seseorang meninggal dunia. Diare ini biasanya akan menyerang siapa pun juga tanpa terkecuali. Bisa orang dewasa, anak-anak bahkan juga bayi. Jika Bayi Anda mengalami diare, seperti yang telah dilansir dari wenmd.com, berikut ini akan saya jelaskan cara alami untuk mengatasi diare pada anak usia 1 tahun

1 . Memberikan Oralit

Oralit adalah salah satu penanganan pertama yang perlu dilakukan. Pastikan juga untuk tidak memberi bayi Anda air putih saat dirinya sedang diare. Berilah ia ASI (air susu ibu) yang cukup serta sesekali berikan mereka larutan oralit. Larutan oralit dapat anda beli di apotek, akan tetapi anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat dan bahannya pun mudah yaitu campurkan satu sendok gula dan setengah sendok saja garam dapur lalu larutkan pada satu gelas air. Berikan pada bayi Anda sedikit demi sedikit. Pastikan juga untuk memberikan larutan oralit  ini secukupnya pada buah hati Anda.

2 .  Memberikan ASI

Usahakan untuk memberi si kecil ASI sebagai salah satu cara mengatasi diare pada anak 1 tahun kepada buah hati Anda setidaknya berilah mereka 10 menit sekali saat dirinya terbangun. Hal ini terbukti dapat membantu si kecil agar tetap terjaga dan juga terhindar dari dehidrasi akibat diare yang saat ini sedang dialaminya. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan payudara Anda agar diare yang menimpa pada bayi tidak bertambah semakin lebih parah. Jika bayi Anda minum ASI melalui botol susu, usahakanlah agar botol tersebut bersih dan juga sehat.

3 . Makanan

Anda pun sebagai orang tua harus bisa menjaga pola makan serta asupan gizi yang dimakan oleh ibunya. Usahakanlah untuk menghindari makanan dengan rasa asam, pedas dan juga makanan lain yang terbukti mampu memicu diare menjadi lebih parah pada buah hati Anda. Makanan yang akan Bunda makan sangat berpengaruh sekali terhadap kualitas ASI juga. Dengan demikian, pada saat anak sedang diare ibu pun harus dapat menjaga makanan yang dikonsumsinya.

4 . Istirahat yang Cukup

Pastikanlah buah hati Anda mendapatkan kualitas istirahat yang cukup. Tidurkan dia pada suatu tempat yang tenang dan juga nyaman. Istirahat yang cukup pada si kecil yang sedang mengalami diare dapat membantu si kecil cepat pulih serta sembuh dari diarenya yang saat ini sedang dialaminya. Cara ini merupakan salah satu cara yang juga perlu anda perhatikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here