Jumlah lulusan dari perguruan tinggi tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, hal ini berdampak pada semakin meningkatnya pengangguran. Padahal jika memang kita memiliki kemampuan bisa saja memanfaatkan ilmu dengan membuka usaha sendiri.

Jika anda seorang memiliki skil dalam ilmu pendidikan khususnya mengajar, tidak ada salahnya jika anda mulai membuka les privat sesuai dengan mata pelajaran yang anda kuasai. Dengan membuka les privat anda tidak hanya menjadi  seorang guru akan tetapi juga sekaligus menjadi seorang kepala sekolah.

Selain itu anda akan memiliki kebebasan waktu karena anda bisa mengatur sendiri jadwalnya. Anda juga bisa mengatur sendiri kurikulum yang akan diajarkan yang disesuaikan dengan kurikulum suatu mata pelajaran di sekolah.

Pada kesempatan kali ini akan kami uraikan tips dalam rangka mempersiapkan bisnis les privat, berikut pemaparannya :

Mempersiapkan kemampuan

Tips pertama yang perlu anda perhatian dalam mempersiapkan membangun usaha les privat adalah dengan meningkatkan kemampuan anda dalam menguasai mata pelajaran. Sebagai seorang pengajar anda perlu menguasai mata pelajaran yang akan anda privatkan, anda perlu menguasai materi pelajaran yang bisa didapat dari buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang di keluarkan pemerintah.  Anda juga perlu membuat formulasi atau trik-trik khusus dalam mengerjakan soal-soal pelajaran, hal ini akan memberikan kemudahan pada perserta didik untuk menyelesaikan soal dengan mudah dan efektif. Jika anda ingin memberikan les privat seluruh mata pelajaran, anda bisa mengajak teman-teman anda, dengan demikian anda dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Sarana dan prasarana

Tips yang selanjutnya yang perlu anda persiapkan dalam membangun usaha les privat adalah dengan menyiapkan sarana dan prasarana. Yang tak kalah penting dalam membangun usaha les privat adalah ketersediaan tempat dan saran pendukung lainnya seperti papan tulis. Untuk pemula seperti anda bisa saja menggunakan rumah sebagai tempatnya dengan menyulapnya sebagaimana layaknya ruang belajar, anda cukup menyediakan papan tulis sebagai media untuk menerangkan materi pelajaran. Untuk tempat duduk siswa, jika memang kursi dan meja belum bisa tersediakan peserta didik bisa duduk di lantai dengan alas seadanya.

Demikianlah tips dalam mempersiapkan membangun bisnis les privat bagi pemula. Semoga uraian di atas bisa menjadi inspirasi bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here