WO atau wedding organizer adalah jasa pelayanan dalam menyediakan berbagai keperluan dan perlengkapan pesta pernikahan. Peluang usaha ini lebih mengedepankan kemampuan menajerial seseorang dalam menyukseskan acara pernikahan.

Pangsa pasarnya adalah orang-orang menengah ke atas yang tidak bisa menangani atau yang tak mau repot dengan persiapan dan pelaksanaan resepsi pernikahan. Ada beberapa hal yang menjadi tanggung jawab WO yang perlu ditangani dengan baik yaitu :

Pemesanan katering, dekorasi ruangan, rias pengantin, fotografer, penyewaan gedung, pakai sampai penyediaan kendaraan untuk pengantin dan keluarga. peluang usaha ini memang sangat menjanjikan, namun perlu sokongan dana yang tidak sedikit pula.

Jika anda ingin mengeluti bisnis wedding organizer ini, berikut akan kami uraikan beberapa hal yang wajib anda perhatikan dan ketahui.

Pengetahuan tentang ceremony pernikahan

Hal yang pertama yang wajib anda ketahuai adalah mengetahui berbagai hal dalam acara pernikahan. Banyak acara yang akan digelar dalam suatu pernikahan, dengan demikaian anda wajib mengetahuinya dan juga mampu memenejnya dengan baik. Setaip pengantin dan keluarganya pasti menginginkan acara pernikahan yang sukses dan lancar,  mereka juga menginginkan moment yang berharga ini bisa menimbulkan kesan yang luar biasa baik bagi pengantin, keluarga maupun tamu undangan. Oleh karenanya, anda sebagai penyelenggara wajib mengetahui dan mempersiapkan seluruh acara dengan baik dan terorganisir.

Mempersiapakan peralatan

Hal yang selanjutnya yang wajib anda persiapkan adalah seluruh peralatan yang akan dipakai dalam resepsi pernikahan. Banyak peralatan yang perlu anda persiapkan untuk menggelar acara resepsi, alat-alat yang perlu anda sediakan adalah : tenda untuk tamu undangan, peralatan makan, kursi, sound system, dan alat-alat lain yang sering digunakan dalam resepsi pernikahan. Jika memang peralatan belum anda miliki pastikan semuanya sudah siap dan tersewa, sehingga pada hari H peralatan sudah tersedia serta terpasang dengan baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga komunkasi yang inten dengan klien agar dalam pelaksanaanya tidak terjadi salah paham.

Demikianlah beberapa hal yang wajib dipersiapkan dalam memulai bisnis wedding organizer. Semoga bermanfaat.